Cara Membuat Sambal Jantung Pisang

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Cara Membuat Sambal Jantung Pisang salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Membuat Sambal Jantung Pisang

Koki profesional selalu mencari cara untuk membuat masakan yang berbeda dan unik untuk memuaskan selera pelanggan mereka. Salah satu resep yang dapat dicoba adalah sambal jantung pisang. Sambal ini memiliki rasa pedas dan asam yang nikmat dan cocok disajikan dengan nasi dan lauk pauk. Berikut adalah resep cara membuat sambal jantung pisang yang mudah dan enak.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal jantung pisang, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan tersebut antara lain:

  • 5 buah jantung pisang, potong-potong kecil
  • 5 buah cabai merah, iris tipis
  • 5 buah cabai rawit, iris tipis
  • 5 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 buah tomat, cincang halus
  • 1 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 sendok makan gula merah, serut halus
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 100 ml air

Cara membuat

Setelah semua bahan tersedia, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat sambal jantung pisang:

1. Tumis bumbu

Pertama-tama, panaskan minyak goreng di atas wajan. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit hingga harum dan matang. Jangan lupa tambahkan daun salam dan daun jeruk agar aroma semakin harum.

2. Masukkan jantung pisang

Setelah bumbu matang, masukkan jantung pisang yang sudah dipotong kecil-kecil. Aduk rata dan biarkan selama 5 menit hingga jantung pisang mulai lunak dan matang.

3. Tambahkan tomat

Setelah jantung pisang matang, tambahkan tomat yang sudah dicincang halus. Aduk rata dan biarkan selama 2 menit hingga tomat mulai hancur dan meleleh.

4. Beri gula merah dan garam

Setelah tomat meleleh, tambahkan gula merah yang sudah diparut halus dan garam secukupnya. Aduk rata dan biarkan selama 1-2 menit hingga bumbu meresap ke dalam jantung pisang.

5. Tuangkan air

Terakhir, tuangkan air ke dalam wajan dan aduk rata. Biarkan selama 5-10 menit hingga air mengering dan bumbu meresap ke dalam jantung pisang. Sambal jantung pisang siap disajikan.

Itulah resep cara membuat sambal jantung pisang yang enak dan mudah. Selain itu, sambal ini juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Jantung pisang mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan juga mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun, jika Anda memiliki reaksi alergi terhadap jantung pisang, sebaiknya hindari mengonsumsi sambal ini.

People also ask:

1. Apa itu jantung pisang?

Jantung pisang adalah bagian dari batang bunga pisang yang biasanya dijadikan sebagai bahan masakan. Jantung pisang memiliki tekstur yang lunak dan rasanya yang lezat.

2. Apa manfaat dari jantung pisang?

Jantung pisang mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan juga mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

3. Bagaimana cara memilih jantung pisang yang baik?

Pilih jantung pisang yang masih segar dan berwarna putih kekuningan. Hindari jantung pisang yang sudah terlihat layu atau menghitam.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Jantung Pisang ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :