Cara Membuat Sambal Cumi Pedas

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Cara Membuat Sambal Cumi Pedas salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Membuat Sambal Cumi Pedas

Koki profesional tentu tak hanya menguasai masakan yang lezat, tetapi juga menguasai berbagai macam saus yang dapat menambah cita rasa makanan. Salah satu saus yang sangat populer dan mudah dibuat di rumah adalah sambal cumi pedas. Sambal ini cocok untuk disajikan bersama dengan cumi yang sudah digoreng atau dibakar. Berikut adalah resep cara membuat sambal cumi pedas yang mudah dan cepat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 200 gram cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 buah tomat merah
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak goreng
  • 2 sdm air matang

Cara membuat:

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Cuci bersih cabai merah keriting dan cabai rawit merah, kemudian buang tangkainya. Kupas bawang putih dan kemiri, lalu iris-iris tomat merah.

1. Goreng bahan-bahan utama

Panaskan minyak goreng di atas wajan dan goreng cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang putih, dan kemiri hingga layu. Angkat dan tiriskan.

2. Haluskan bahan-bahan

Haluskan semua bahan yang sudah digoreng tadi, termasuk gula pasir dan garam, dengan menggunakan blender atau cobek. Tambahkan sedikit air matang agar lebih mudah dihaluskan.

3. Tumis bumbu halus

Tumis bumbu halus dengan menggunakan sedikit minyak goreng hingga harum dan matang. Tambahkan irisan tomat merah dan aduk rata. Tumis lagi hingga tomat matang.

4. Tambahkan air matang

Tambahkan sedikit air matang agar sambal tidak terlalu kental. Aduk rata dan cicipi rasanya. Jika kurang pedas, bisa ditambahkan cabai rawit merah atau garam.

5. Sajikan

Sambal cumi pedas siap disajikan bersama dengan cumi yang sudah digoreng atau dibakar. Selamat mencoba!

Bahkan jika Anda sudah menguasai cara membuat sambal cumi pedas, masih banyak orang yang bertanya-tanya tentang hal ini. Beberapa pertanyaan yang sering muncul adalah “Apakah sambal cumi pedas ini bisa disimpan dalam waktu lama?” atau “Bagaimana cara membuat sambal cumi pedas yang lebih pedas lagi?”. Jawabannya, sambal cumi pedas ini dapat disimpan dalam wadah tertutup di kulkas selama beberapa hari. Jika ingin lebih pedas, bisa ditambahkan cabai rawit merah atau bahkan cabai bubuk sesuai selera.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Cumi Pedas ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :