Cara Membuat Sambal Cabe Ijo Yang Enak

Posted on

Cara Membuat Sambal Cabe Ijo Yang Enak salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Cara Membuat Sambal Cabe Ijo Yang Enak

Kamu suka makan pedas? Apalagi makanan yang sudah pasti enak dengan tambahan sambal cabe ijo yang enak. Bagi kamu yang suka masak di rumah, kali ini saya akan berbagi resep cara membuat sambal cabe ijo yang enak dan pedas. Simak terus artikel ini ya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal cabe ijo, pastikan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan sudah lengkap. Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 15 buah cabe ijo hijau
  • 5 buah cabe rawit hijau
  • 6 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 buah tomat hijau
  • 1 buah jeruk nipis
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Sambal Cabe Ijo yang Enak

Setelah bahan-bahan siap, mari kita mulai proses pembuatan sambal cabe ijo yang enak. Berikut langkah-langkahnya:

1. Bersihkan Cabe dan Bahan Lainnya

Pertama-tama, bersihkan semua bahan yang akan digunakan dengan air mengalir. Potong-potong cabe ijo hijau, cabe rawit hijau, bawang merah, bawang putih dan tomat secara kasar.

2. Tumis Bawang Putih dan Bawang Merah

Panaskan minyak goreng secukupnya, tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah diiris halus hingga harum. Jangan sampai bawang terbakar ya.

3. Masukkan Cabe Ijo dan Cabe Rawit

Selanjutnya, masukkan cabe ijo hijau dan cabe rawit hijau yang sudah dipotong-potong. Tumis hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan.

4. Masukkan Tomat

Setelah itu, masukkan tomat hijau yang sudah dipotong-potong. Tumis hingga tomat layu dan matang.

5. Tambahkan Air

Tuang air matang secukupnya ke dalam tumisan cabe dan bahan lainnya. Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya sesuai dengan selera kamu. Aduk rata dan masak selama beberapa menit hingga bumbu meresap dan air menyusut.

6. Haluskan dengan Blender

Setelah semua bahan dimasak, haluskan tumisan tersebut dengan menggunakan blender. Jangan lupa tambahkan sedikit air agar blender tidak susah dipakai. Blender hingga halus dan lembut.

7. Peras Jeruk Nipis

Setelah sambal sudah halus, peras jeruk nipis ke dalam sambal dan aduk rata. Jeruk nipis akan memberikan aroma dan rasa yang segar pada sambal cabe ijo yang enak ini.

8. Sajikan

Sambal cabe ijo yang enak dan pedas siap disajikan. Kamu bisa menambahkan potongan tomat hijau dan irisan daun bawang sebagai pelengkap. Selamat mencoba!

Kelebihan Sambal Cabe Ijo

Sambal cabe ijo selain mudah dibuat, juga memiliki kelebihan lainnya. Sambal ini dianggap lebih sehat dibandingkan dengan sambal yang lainnya karena menggunakan cabe ijo hijau yang masih segar dan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu, sambal cabe ijo juga enak disajikan dengan berbagai macam makanan, seperti nasi goreng, mie goreng, atau sate. Kamu juga bisa menambahkan sambal cabe ijo pada sandwich atau burger yang kamu buat sendiri.

Banyak juga yang menanyakan apakah sambal cabe ijo bisa disimpan? Jawabannya tentu saja bisa. Sambal cabe ijo yang sudah matang bisa disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama beberapa hari. Sebelum disimpan, pastikan sambal sudah dingin dan kering. Jangan lupa untuk menambahkan minyak goreng pada permukaan sambal agar tidak cepat basi.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Cabe Ijo Yang Enak ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :