Cara Membuat Sambal Cabe Ijo Pedas

Posted on

Cara Membuat Sambal Cabe Ijo Pedas salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Cara Membuat Sambal Cabe Ijo Pedas

Kamu mungkin sudah sering mendengar tentang sambal cabe ijo pedas, hidangan khas dari Minangkabau yang sangat terkenal di Indonesia. Sambal ini terbuat dari cabe hijau, tomat hijau, bawang putih, dan bahan-bahan lainnya yang memberikan rasa pedas dan segar. Dalam artikel ini, kamu akan belajar cara membuat sambal cabe ijo pedas yang lezat dan nikmat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan kamu memiliki semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 10 buah cabe hijau segar
  • 3 buah tomat hijau
  • 5 siung bawang putih
  • 2 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari kunyit
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 2 sendok makan gula kelapa
  • 1 sendok teh garam
  • 3 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat Sambal Cabe Ijo Pedas

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat sambal cabe ijo pedas:

Langkah Pertama: Persiapkan Bahan-Bahan

Cuci bersih semua bahan-bahan yang akan digunakan, terutama cabe hijau dan tomat hijau. Potong cabe hijau menjadi beberapa bagian dan buang bijinya. Potong tomat hijau menjadi dadu kecil. Iris bawang putih tipis-tipis. Kupas jahe dan kunyit, lalu parut halus.

Langkah Kedua: Tumis Bawang Putih, Jahe, dan Kunyit

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih, jahe, dan kunyit hingga harum. Jangan sampai bawang putih gosong atau terlalu matang, karena akan mengganggu rasa sambal nantinya.

Langkah Ketiga: Masukkan Cabe Ijo dan Tomat Hijau

Tambahkan cabe hijau dan tomat hijau yang sudah dipotong-potong ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga cabe hijau dan tomat hijau layu dan matang.

Langkah Keempat: Tambahkan Gula Kelapa dan Garam

Tambahkan gula kelapa dan garam ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga gula kelapa larut dan bumbu meresap ke dalam cabe ijo dan tomat hijau.

Langkah Kelima: Matikan Api dan Tambahkan Daun Jeruk Purut

Matikan api dan tambahkan daun jeruk purut. Aduk rata dan biarkan sambal cabe ijo pedas sedikit dingin sebelum disajikan.

Penyajian Sambal Cabe Ijo Pedas

Sambal cabe ijo pedas siap disajikan. Kamu bisa menyajikannya sebagai pelengkap nasi padang, nasi goreng, atau hidangan lainnya. Sambal cabe ijo pedas juga bisa dijadikan sebagai bahan utama dalam masakan seperti sayur asam dan gulai ikan.

People also ask: Apakah sambal cabe ijo pedas ini cocok untuk orang yang sedang diet?

Jawaban: Sambal cabe ijo pedas mengandung kalori yang cukup tinggi, terutama karena adanya gula kelapa di dalamnya. Namun, sambal cabe ijo pedas juga mengandung banyak vitamin dan mineral dari bahan-bahannya, seperti vitamin C dari cabe hijau dan tomat hijau. Oleh karena itu, sambal cabe ijo pedas masih bisa dikonsumsi dalam porsi yang sehat untuk orang yang sedang diet.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Cabe Ijo Pedas ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :