Cara Membuat Sambal Bakso Bakar Pedas

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Cara Membuat Sambal Bakso Bakar Pedas salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Membuat Sambal Bakso Bakar Pedas

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan bakso bakar. Makanan yang satu ini memang sedang menjadi hits di kalangan pecinta kuliner. Bakso bakar yang gurih dan pedas dengan sambal yang menyertai memang bikin lidah kamu bergoyang. Nah, kali ini saya akan berbagi resep tentang cara membuat sambal bakso bakar pedas yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan sambal, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 10 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak goreng

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Cuci bersih cabai dan tomat, lalu iris tipis-tipis

Sebelum diolah, pastikan cabai dan tomat sudah dicuci bersih. Kemudian iris cabai dan tomat tipis-tipis agar mudah dihaluskan nanti.

2. Tumis bawang putih hingga harum

Panaskan minyak goreng di wajan dan tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan cabai dan tomat yang sudah diiris, lalu aduk rata.

3. Tambahkan gula pasir dan garam

Tambahkan gula pasir dan garam ke dalam wajan. Aduk rata dan masak selama 5-10 menit hingga bumbu meresap ke dalam cabai dan tomat.

4. Angkat dan haluskan

Setelah bumbu matang, angkat wajan dan dinginkan sebentar. Haluskan bumbu dengan blender atau ulekan hingga halus.

5. Sajikan dengan bakso bakar

Sambal bakso bakar pedas siap disajikan. Kamu bisa menambahkan sedikit air jeruk nipis agar rasanya semakin segar. Sajikan bersama dengan bakso bakar dan nikmati sensasi pedasnya.

Simpan Sisa Sambal di Kulkas

Jika kamu memiliki sisa sambal bakso bakar pedas, simpan di dalam kulkas agar awet. Sambal ini bisa bertahan hingga 1 minggu jika disimpan dengan baik.

People also ask, Apa sih rahasia membuat sambal bakso bakar pedas yang enak?

Jawabannya adalah, kunci dari sambal bakso bakar pedas yang enak terletak pada campuran cabai dan bumbu yang pas. Jangan terlalu banyak menambahkan gula atau garam agar rasanya tidak terlalu manis atau asin. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan cabai rawit merah agar pedasnya terasa lebih mantap.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Bakso Bakar Pedas ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :